Portal Berita Online
Ads Beras Haji

25 Tahun Impor, Akhirnya HUT RI Ke-75 Indonesia Ekspor Bawang Putih ke Taiwan

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Setelah 25 tahun Indonesia ketergantungan dengan impor bawang putih, kini akhirnya Indonesia menjelang HUT Kemerdekaan ke-75 Tahun mampu untuk ekspor bawang putih. Adapun ekspor bawang sebanyak 15 ton dari target 1.000 ton ke Taiwan.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto mengatakan, mengingatkan kepada jajarannya untuk terus menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui ekspor pertanian.

Dia menyebut, swasembada bawang putih terakhir terjadi sebelum krisis moneter (krismon), tepatnya 1994. Kala itu, budi daya dilakukan di 100 kabupaten lebih dan impornya tidak pernah melampui 10 persen dari kebutuhan nasional.

Ads Air Haji

Menurut dia, untuk membangkitkan bawang putih lokal tidak mudah. Sebab Indonesia sudah ketinggalan lebih dari 20 tahun. Meski begitu, diyakini Indonesia bisa kembali bangkit dan tidak lagi mengandalkan impor.

“Saat ini menjadi momentum kita untuk bangkit kembali melalui ekspor perdana bawang putih di Brebes,” ucapnya.

Kementan sendiri telah sejak lama berusaha kembali menggeliatkan bawang putih nasional. Misalkan, melakukan kunjungan ke berbagai daerah maupun ke Cina selaku produsen bawang putih terbesar dunia untuk mendapatkan referensi. Dan, juga melakukan pelatihan kepada petani. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.