Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ada Peran Penyuluh, Panen Raya di Muaro Jambi Melebihi Target

0 20

JAMBI, KABARPANGAN.ID – Penen raya di Desa Kemingking Luar, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi, pada Kamis (17/9), melebihi target. Di balik kesuksesan panen padi ini karena ada peran penyuluh pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi menilai, di balik kesukesan panen yang melebihi tarhet karena ada peran penyuluh pertanian.

“Penyuluh memiliki peran penting dari kesuksesan panen. Tugas mendampingi petani, berarti telah dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Ads Air Haji

Setelah dilakukan ubinan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, diperoleh hasil panen di Muaro Jambi hingga 6 ton per hektar.

“Alhamdulillah hasil panen kita meningkat dan melebihi dari target. Dinas menetapkan target 5 ton. Tetapi hasil panen sekarang dapat mencapai 6 ton per hektar. Ini hal yang sangat menggembirakan,” ujar Bupati Muaro Jambi, Masnah.

Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi Zahron Helmy menyampaikan, kebijakan Kementan untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. Keberadaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat kecamatan sangat berperan besar sebagai pusat pembangunan pertanian guna mendukung ketahanan pangan.

“BPP memiliki penyuluh-penyuluh yang mumpuni di bidang pertanian. Peran BPP sebagai pusat pembangunan pertanian harus terus dioptimalkan. Mari setiap penyuluh melakukan penyuluhan kepada seluruh petani di wilayah binaannya. Kita dukung ketahanan pangan nasional mulai dari daerah ini,” ujar Zahron. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.