Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Adhitya Putra, Juragan Domba Milenial Sukses

0 22

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Momentum Hari Raya Idul Adha menjadi berkah sendiri bagi peternak sapi, kerbau, kambing, dan domba. Tidak terkecuali bagi Muhammad Adhitya Putra.

“Alhamdulillah domba yang dijual memenuhi kriteria untuk hewan kurban, seperti cukup umur, sehat, tidak sakit, tidak hilang bagian tubuhnya atau cacat,” kata Adhit.

Pemuda asal Bandung, lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor 2019 ini terbilang sukses menggeluti usaha di bidang peternakan, khususnya ternak domba atau penggemukan domba.

Berkat dari pengalamannya saat menjadi mahasiswa ketika melakukan praktik lapangan/pendampingan di beberapa wilayah di pedesaan, ilmu tersebut diterapkan pada usahanya. Alhasil, berhasil. Domba yang diternaknya, tumbuh sehat, dan banyak pesanan dari sekitar Jabodetabek, termasuk Bandung.

Ads Air Haji

Melihat pontensi bisnis besar itu, ia bersama kedua rekannya kemudian mendirikan kelompok bernama Juragan Domba di Dusun Sawah Bera, Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Karena keberhasilannya beternak sapi dan menggemukkan sapi, ia didaulat menjadi ketua Grup Juragan Domba.

Adhit menuturkan, kesuksesan beternak domba juga andil dari program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). Dari program tersebut, ia mendapatkan modal dalam memulai usaha beternak domba.

PWMP merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempercepat regenerasi pertani. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) selaku unit kerja yang memiliki tanggung jawab penuh untuk peningkatan kualitas SDM khususnya regenerasi petani mencoba menstimulus generasi milenial untuk berusaha dan mengembangkan usahanya melalui PWMP.

Tak hanya mendapatkan modal, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Soreang sebagai salah satu model BPP Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) juga menggelar berbagai pelatihan, berbagi informasi hingga mencarikan jaringan pemasaran. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.