Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Akademisi: Kemerdekaan RI Jadikan Momentum Kebangkitan Sektor Pertanian

0 18

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Sektor pertanian merupakan salah satu penopang perbaikan ekonomi di musim pandemi Covid-19. Karenanya, sektor ini diharapkan menjadi penyelamat krisis. Pada momentum HUT Kemerdekaan RI ke-75 ini harus menjadikan cambuk semangat kebangkitan bidang pertanian.

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor (IPB) Sahara menyampaikan, saatnya Indonesia melakukan transformasi ekonomi dengan menjadikan sektor pertanian sebagai leading sektor. Sebab, pertanian merupakan perjuangan dan cita-cita yang harus menjadi tujuan kebangkitan.

“Momentum kemerdekaan ini harus kita jadikan penanda bahwa pertanian Indonesia mengalami kebangkitan, di mana sektor pertanian menjadi tonggak utama dalam transformasi perekonomian Indonesia,” ujar Sahara di Jakarta, Senin (17/8).

Lanjut Sahara, Indonesia diharapkan terus konsisten dalam melaksanakan tranformasi untuk menjamin ketersediaan pangan dalam negeri, bahkan untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

“Ini sudah dilakukan oleh Australia di mana mereka konsisten dengan konsep transformation within agricurture sector. Sehingga tidak mengherankan jika sektor pertanian di Australia maju pesat. Dan jika ini diterapkan di Indonesia maka cita-cita untuk menjadi lumbung pangan dunia segera tercapai,” katanya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Sujarwo menilai, kesadaran pemerintah akan pentingnya sektor pertanian semakin tumbuh. Oleh karena itu, perjuangan semacam ini sebaiknya terus dipupuk agar pangan nasional tersedia dengan baik.

Ads Air Haji

“Semangat kemerdekaan ini harus dimaknai pada kemerdekaan sektor pertanian, di mana sektor pangan merupakan logistik para pejuang untuk membebaskan bangsa dari penjajahan dan meraih kemerdekaan dengan kebersamaan dalam kebhinekaan,” ujarnya.

“Selain itu, sektor pertanian juga berkontribusi pada persatuan dan tekad memajukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan bermartabat, serta berkekuatan dalam pembangunan bangsa secara utuh dan mandiri,” tambahnya.

Sujarwo berharap, momentum Kemerdekaan RI yang ke-75 ini mampu mengangkat harkat martabat sektor pertanian untuk semakin kuat dengan meningkatkan efisiensi produksi dan pemasaran.

“Kemudian meningkatnya kapasitas kelembagaan dan jangkauan pasar yang lebih luas serta terpadunya atau harmonisme kepentingan petani dan kebijakan pemerintah untuk kebutuhan yang semakin berkembang,” ucapnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menekankan sektor pertanian merupakan tulang punggung bagi kebangkitan ekonomi nasional. Sektor ini mampu membuka lapangan pekerjaan secara masif dan menyerap jutaan tenaga kerja yang ada.

“Kalau begitu, pertanian menjadi salah satu sektor yang bisa bertahan di tengah krisis. Pertanian itu adalah pilihan pasti yang bisa membuka lapangan pekerjaan,” katanya.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian di kuartal II/2020 tumbuh sebesar 16,2 persen jika dibanding kuartal sebelumnya. Bahkan tahun sebelumnya, sektor pertanian juga tumbuh positif hingga 2,19 persen secara tahunan. Pertumbuhan ini sekaligus membuat kontribusinya terhadap ekonomi nasional juga ikut menguat. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.