Portal Berita Online

Akhirnya Kopi Kerinci Jambi Diekspor dari Pelabuhan Talang Duku

0 19

JAMBI, KABARPANGAN.ID – Berkat kerjasama dengan semua pihak, akhirnya untuk pertama kalinya 15,9 ton kopi asal Kabupaten Kerinci, Jambi diekspor langsung ke Belgia melalui Pelabuhan Talang Duku, Jambi.

Kinerja positif ini , salah satunya mendapat dorongan dari Tim Percepatan Ekspor Komoditas Pertanian Provinsi Jambi yang diinisiasi Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Jambi.

“Alhamdulilah, dengan kerjasama semua pihak akhirnya Pelabuhan Talang Duku dapat melakukan direct call (pelayaran langsung),” kata Kepala Karantina Pertanian Jambi, Guntur di Dermaga Pelabuhan Talang Duku, Jambi, Selasa (28/7).

Dia mengatakan, komoditas ekspor yang dilepas perdana ke benua Eropa ini bernilai Rp 1,4 miliar. Selama ini, ekspor kopi kerinci dan juga komoditas unggulan ekspor Jambi lainnya dilakukan melalui pelabuhan yang ada di luar Provinsi Jambi.

“Akhirnya, bisa juga kita lakukan ekspor langsung melalui Jambi,” tambah Guntur.

Kesempatan yang sama, Kepala Karantina Pertanian Jambi menuturkan, sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melalui Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) untuk mengawal ekspor pertanian di setiap wilayah kerja karantina pertanian, maka pihaknya melakukan upaya koordinasi dengan pemerintah daerah, pelaku usaha juga petani.

Hal ini disambut baik sehingga upaya direct call di Pelabuhan Talang Duku dapat berjalan dengan baik, bahkan kurang dari satu tahun sejak gerakan Tigakali Lipat Ekspor, Gratieks dicanangkan di Jambi.

Sekadar informasi, Jambi memiliki komoditas unggulan yang telah laris di pasar global. Namun selama ini masih dilalulintaskan melalui pelabuhan diluar Jambi. Produk pertanian tersebut antara lain kulit kayu manis (Cassiavera) yang juga berasal dari Kabupaten Kerinci dan Merangin, cangkang sawit, sarang burung walet, dan kelapa bulat asal Tanjung Jabung Timur. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.