Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Alhamdulillah! Kantongi SK, Petani di Jambi Bisa Kerja dengan Tenang

0 10

JAMBI, KABARPANGAN.ID – Petani yang berkerja di PT Lestari Asri Jaya dan PT Wanamukti Wisesa (Perusahaan karet alam), kini bisa bekerja dengan tenang. Pasalnya mereka telah mendapatkan kekuatan hukum untuk melakukan aktivitas pertanian.

Hal itu setelah Gubernur Jambi Fachrori Umar, menyerahkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup tentang Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (SK Kulin KK) kepada dua Kelompok Tani Hutan (KTH), yakni KTH Karang Jaya, yang berlokasi di areal PT Lestari Asri Jaya dan KTH Wana Mitra Lestari, berlokasi di wilayah PT Wanamukti Wisesa.

Acara penyerahan SK Kulin KK yang pertama untuk petani di HTI Jambi, tersebut dilaksanakan di Desa Muara Sekalo, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Jambi, Jumat (24/7), kemarin.

Ads Air Haji

Ketua KTH Karang Jaya Hasmon Ovezar mengatakan merasa bersyukur adanya surat SK ini. “Kami berterima kasih dan bersyukur atas penyerahan SK Kulin KK dari bapak gubernur ini. Dengan adanya SK ini membuat kami lebih tenang dalam memanfaatkan lahan dan melakukan kegiatan pertanian,” katanya.

Senada, disampaikan Ketua KTH Wana Mitra Lestari Sugiyo. “Kemitraan dengan perusahaan ini sangat menguntungkan kami. Sebab ketika harga sawit jatuh, kami mendapat penghasilan tambahan dari tanaman pangan dan sayuran,” paparnya.

Keduanya berharap program kemitraan tersebut dapat terus berjalan. Sebab sangat bermanfaat dan membantu petani yang berada di sekitar hutan.

Gubernur Jambi Fachrori Umar memberi apresiasi tinggi pada program kemitraan petani dengan PT LAJ dan PT WW. Dia berharap, program yang dijalankan kedua perusahaan HTI karet tersebut, bisa diadaptasi oleh perusahaan-perusahaan perkebunan lain di Jambi. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.