Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Amankan Suplai, di Bali Perlu Dibangun Gudang pangan

0 10

BALI, KABARPANGAN.ID – Usulan pembangunan gudang-gudang pangan di Pulau Dewata kini datang dari pakar pertanian sekaligus Rektor Universitas Dwijendra Dr Ir I Gede Sedana MSc. Perlu membangun gudang pangan di Bali karena untuk ketersediaan pangan.

“Dengan gudang pangan, pada saat terjadi ‘over’ produksi maka bisa disimpan sehingga nantinya tidak sampai mengganggu suplai di saat jumlah produksinya berkurang,” kata Sedana, di Denpasar, Senin (27/7).

Sebelumnya usulan mengenai gudang pangan ini juga pernah disampaikan oleh anggota DPD RI Dapil Bali Made Mangku Pastika.

Ads Air Haji

“Untuk membangun gudang pangan ini diperlukan pemetaan, menyangkut di mana sentra produksi padi maupun komoditas non-padi, berapa luasan lahannya dan prediksi produksinya,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, ahli pertanian dan statistik juga harus membuat kajian mengenai prediksi konsumsi kebutuhan rumah tangga dan non-rumah tangga, sehingga bisa diseimbangkan jumlahnya.

Terkait ketahanan pangan, Sedana mengatakan harus terintegrasi dari hulu hingga ke hilir. Misalkan, penyediaan sarana produksi berupa peralatan dan mesin-mesin.

“Jangan sampai para petani diminta untuk mengembangkan strawberry, tetapi bibitnya didatangkan dari Amerika. Demikian juga untuk mengembangkan ketela rambat tetapi bibitnya dari Jawa. Semestinya penyediaan sarana produksi harus secara lokal,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.