Portal Berita Online

Amerika Serikat dan Australia Investor Perikanan Terbesar di Indonesia

0 12

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, Amerika Serikat (AS) dan Australia merupakan investor terbesar di Indonesia di sektor perikanan. Kinerja investasi di sektor perikanan pada kuartal I/2020 senilai Rp 1,16 triliun.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Nilanto Perbowo mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 untuk mendatangkan investor tidaklah mudah.

Kendati begitu, KKP terus berupaya menarik investor sebesar-besarnya dengan melakukan sinergi pihak terkait agar menciptakan kondisi investasi yang kondusif.

Salah satunya, yang dilakukan KKP yakni dengan menggandeng Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) di bawah koordinasi Badan Koordinasi Penanaman Modal, agar lebih efektif mempromosikan investasi sektor kelautan dan perikanan.

“Kuartal I/2020, Realisasi investasi sektor kelautan dan perikanan yang bersumber pada PMA dan PMDN mencapai Rp1,16 triliun atau tumbuh 473,3 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama 2019,” kata Nilanto dalam keterangannya, Sabtu (16/8).

Dia merinci realisasi investasi sektor kelautan dan perikanan yang berasal dari AS dan Australia hingga dengan triwulan I/2020 mencapai Rp 810,5 juta dan Rp 43,47 miliar. Investasi asal kedua negara tersebut tumbuh tinggi dibandingkan dengan periode yang sama 2019.

Amerika melakukan investasi di bidang usaha budidaya pembenihan ikan laut di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Sementara investor Australia melakukan realisasi investasi di bidang usaha budidaya, yakni untuk komoditas kerapu dan kakap putih (barramundi) di Kabupaten Buleleng, Bali dan komoditas mutiara di Kabupaten Manggarai Barat, Alor dan Lembata, Nusa Tenggara Timur. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.