Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Antisipasi Kelangkaan Pangan, Petani Musi Rawas Percepat Tanam

0 14

MUSI RAWAS, KABARPANGAN.ID – Untuk mengantisipasi kelangkaan pangan, petani Musi Rawas, Sumatera Selatan, melakukan percepatan tanam Musim Tanam April hingga September (ASEP) 2020.

Percepatan tanam tersebut dilakukan di lokasi Proyek Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi Terpadu secara Partisipatif atau Integrated Partisipatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP).

Kegiatan percepatan tanam di Musi Rawas sendiri dicanangkan Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, di DesaTegalrejo, Kecamatan Tugumulyo.

Ads Air Haji

“Percepatan tanam dilakukan untuk mengantisipasi serta mencegah kelangkaan bahan pangan di wilayah Kabupaten Musi Rawas, terutama saat pandemi Covid-19 masih mewabah seperti yang terjadi saat ini,” kata Bupati Hendra Gunawan.

Dia menjelaskan, percepatan tanam ini harus segera dilakukan mengingat tidak lama lagi bulan basah akan segera berakhir, berganti dengan musim kemarau.

“Apa yang kita lakukan sekarang ini akan sangat bermanfaat untuk mendukung ketahanan pangan sebagaimana yang ditargetkan oleh Kementerian Pertanian bahwa untuk Musim Tanam ASEP 2020 harus ada percepatan tanam seluas 5.6 juta hektar (ha),” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Zuhri Syawal, menyampaikan bahwa untuk memenuhi penyediaan pangan menghadapi Musim Kemarau (MK) 2020 dan antisipasi dampak pandemi Covid-19, Kabupaten Musi Rawas harus melakukan percepatan tanam padi di Musim Tanam ASEP 2020 dengan target tanam seluas 23.293 ha. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.