Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Balitbangtan Pamerkan Inovasi Komoditas Holtikultura

Gelar Diversifikasi Pangan Lokal Seretak di Indonesia

0 11

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) bersama pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia menggelar diversifikasi pangan serentak di seluruh Indonesia, Rabu (19/8). Secara resmi gelaran ini dbuka oleh Menteei Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di halaman Gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA) Kantor Pusat Kementan, Jakarta.

Dalam sambutannya, Mentan Syahrul mengajak masyarakat untuk mengubah pola konsumsi agar tidak tergantung pada satu komoditas saja. Melalui kegiatan ini, masyarakat diajak untuk mengenal dan memahami manfaat pangan lokal yang sangat beragam dan sangat berpotensi dijadikan sumber karbohidrat non beras.

“Launching diversifikasi pangan ini, kita kenyang kita sehat tidak hanya dengan beras adalah bagian yang kita coba dorongkan hari ini,” ujarnya.

Pada kesempatan in, Balitbangtan berpartisipai menampilkan beberapa hasil inovasi unggulannya melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, seperti jeruk keprok batu 55, jeruk keprok gayo, jeruk keprok garut, jeruk keprok bersitepu, jeruk keprok pulung, jeruk manis pacitan, jeruk siam pontianak, jeruk lemon california, dan jeruk keprok madura.

Ads Air Haji

Selain itu, juga ada pisang kepok tanjung, pisang rasa sere, pisang manalagi, pisang kapas, pisang raja kinalun, pisang lokal subang, pepaya merah delima, sukun, serta benih pepaya merah delima.

Sementara Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian juga ikut menampilkan produk olahan dari sumber daya lokal seperti berasan sagu, berasan jagung, berasan hanjeli, berasan ubi kayu, mie sagu, mie ubi kayu, mie jagung, mie hanjeli, mie singkong, mie sorgum, dan mie ubi merah.

Inovasi lainnya, adalah spageti sagu, tepung sorgum, tepung sagu, tepung pregel kasava, tepung premix kasava, tepung mocaf, tepung hanjeli, tepung ubi ungu, tepung pati garut, tepung nangka, makaroni jagung, makaroni hanjeli, dan makaroni ubi kayu.

Dalam pameran tersebut Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertaniaan Kementan menggandeng mitra dari Kelompok Tani Setia, Infiad, Unis, dan PT ANJ. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.