Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Balittri Kementan Bikin Hand Sanitizier dari Bioetanol

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) membuat bioetanol sebagai bahan baku untuk hand sanitizier.

Kepala Seksi Pelayanan Teknik dan Jasa Penelitian, Balittri, Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Badan Litbang Pertanian, Kementan Nur Kholilatul Izzah mengatakan, pembuatan bioetanol menggunakan singkong, molase atau tetes tebu, dan batang sorgum. Adapun paling banyak bersumber dari tetes tebu.

Ads Air Haji

Pembuatan bioetanol ini, kata Nur Kholilatul, sebagai jawaban atas sulitnya mendapatkan hands sanitizer pada April 2020. Produksi bioetanol untuk hand sanitizer ini sudah dibagikan kepada para pegawai Balittir dan warga di sektar di Balittri, yakni Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, dan berbagai instansi lainnya.

Peneliti Pascapanen Balittri Eko Heri menambahkan, selain menggunakan molase tebu, singkong, dan batang sorgum, pembuatan bioetanol juga ditambah dengan ekstra wangi seperti kopi dan sebagainya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.