Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Bekatul Padi Kini Bisa Diolah Jadi Makanan Lezat dan Bergizi

0 11

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Selama ini bekatul padi hanya dijadikan pakan ternak dan dibuang dengan sia-sia. Namun kini hasil terobosan Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) menciptakan alat yang bisa mengolah bekatul menjadi berbagai pangan yang bergizi dan lezat.

Produk-produk olahan bekatul telah dikenal dunia sebagai produk dengan sifat fungsional. Kandungan serat yang tinggi berkisar 20-27 persen menjadi keunggulan tersendiri untuk mencegah penyakit kanker usus, jantung koroner, kegemukan, diabetes dan masalah pencernaan. Selain itu, bekatul juga mengandung protein, mineral, lemak tak jenuh dan vitamin yang tinggi.

Ads Air Haji

Masalah bekatul yang daya simpannya tidak tahan lama dan mudah berbau tengik yang selama ini menjadi kendala dalam pemanfaatannya, maka melalui teknologi yang diciptakan Balai Besar Litbang Pascpanen Pertanian Kementan mampu mengatasi masalah tersebut, sehinga dapat memperpanjang umur simpan bekatul.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin Babul Ibrahim mengatakan, bekatul bisa menjadi bahan baku aneka olahan, seperti membuat sereal atau susu bekatul, kukies, dan brownis.

“Paling tidak, dalam waktu yang tidak terlalu lama, Banyuasin memiliki produk khas unggulan berbasis bekatul padi, sekaligus mengangkat harkat Bekatul padi,” ujarnya dalam keterangannya, belum lama ini. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.