Portal Berita Online

Beralih Profesi, Petani Tembakau Perlu Pendampingan

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Simplikasi cukai rokok yang akan diberlakukan pada 2021 mendatang akan memberatkan petani tembakau. Oleh karenanya, pemerintah harus memikirkan nasib para petani tembakau.

Peneliti Senior Center for Health Economics and Health Policy Universitas Indonesia Hasbullah Thabrany menyarankan, pemerintah untuk mengalokasikan 5-10 persen pendapatan cukai rokok dalam program pendampingan petani tembakau beralih profesi.

“Dana cukai rokok 10 persen atau 5 persen bisa didedikasikan untuk petani tembakau,” katanya dalam video daring, Selasa (8/9).

Misalkan, jika rata-rata pendapatan negara dari cukai rokok per tahun sekitar Rp 140 triliun, maka setidaknya Rp 14 triliun bisa dialokasikan untuk program pendampingan petani.

Menurut dia, dari dana tersebut bisa membantu manajemen petani untuk melakukan budidaya komoditas yang berpotensi besar masuk pasar ekspor.

“Di Cina, petani tembakau dialihkan menjadi petani bawang putih yang saat ini produknya dieskpor ke kita,” ucapnya.

Kepala Subdirektorat Program Pengembangan Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Mogadishu Djati Ertanto mengatakan, terkait beralih profesi tentu harus ada perhitungan yang akurat karena berkaitan dengan nilai ekonomi.

“Petani lebih tahu mana tanaman yang menguntungkan untuk ditanam di tempat yang sama. Ini tidak mudah, dan tidak ada paksaan untuk menanam komoditas tertentu,” ucapnya.

Sebelumnya, simplikasi penarikan cukai rokok pada 2021 nanti mendapat penolakan dari petani. Hal ini karena akan menambah kesulitan petani di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) dengan tegas menolak penerapan simplikasi penarikan cukai rokok.

“Jika penjualan tembakau dari perkebunan tembakau nasional menyusut, otomatis akan menyengsarakan dan membahayakan kehidupan ekonomi para petani tembakau,” ujar Ketua APTI Nusa Tenggara Barat (NTB) Sahmihuddin. (mh/kp

Leave A Reply

Your email address will not be published.