Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Bernilai Ekonomi Tinggi, Budidaya Porang Digenjot di Banten

0 34

BANTEN, KABARPANGAN.ID – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mendorong petani di Banten untuk memanfaatkan lahan menanam porang. Sebab tanaman sejeni umbi-umbian ini memiliki ekonomi tinggi.

“Jadi, petani tinggal menyiapkan bibit dan kebutuhan penanamannya,” katanya saat berkunjung ke Asosiasi Petani Porang Pati, di Desa Sukalada, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Serang, belum lama ini.

Sebagai langkah konkret, WH berjanji akan membangun pabrik pengolahan porang. Hal ini dilakukan agar keuntungan yang didapat bisa berlipat-lipat jika diolah sendiri.

“Untuk itu, anak-anak muda tidak perlu merantau ke negeri orang. Tanaman ini menguntungkan. Untuk melakukan budidaya, cukup bergabung dengan asosiasi petani porang,” ucapnya.

Ads Air Haji

Dia menambahkan, bahwa ekspor porang bernilai ekonomi tinggi sebagai bahan baku pembuatan aneka makanan. Seperti mi shirataki, beras analog atau beras nonpadi, agar-agar konyaku, dan tahu.

Selain itu, lanjut dia, porang juga berguna di industri dirgantara, yakni sebagai bahan baku lem perekat untuk pesawat. Kemudian, serat dari batangnya untuk membuat baju.

Sementara Ketua Asosiasi Pemberdayaan Porang Indonesia Asep Safei Aji mengatakan, budidaya porang membutuhkan modal rendah. Setiap hektar (ha) lahan bisa ditanami hingga 40 ribu bibit. Dalam 1 ha bisa menghasilkan 80 ton.

“Dengan harga jual per kilogram Rp 10.000, maka setiap hektar lahan porang bisa menghasilkan Rp 800 juta,” pungkasnya. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.