Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Bikin Bangga! Ini Deretan Aplikasi Pangan Buatan Indonesia

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Lokal

0 22

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Mungkin banyak yang belum tahu platform di sektor pertanian. Ternyata, sudah ada tujuh aplikasi hasil karya anak bangsa lho. Aplikasi ini selain untuk menggenjot produktivitas hasil pertanian, juga bisa meningkatkan kesejahteraan pertani. Bikin bangga!

 

Berikut aplikasi anak bangsa di sektor pertanian:

1. Tanihub
Saat ini telah 50 ribu unduh di Google Playstotre dengan rating 4,2. Aplikasi ini didirikan pada 2015 dengan tujuan memberdayakan petani lokal melalui penyediaan akses pasar dan akses keuangan.
Aplikasi ini menawarkan berbagai macam produk, mulai dari buah-buahan, sayuran, unggas dan telur yang semuanya didapat dari hasil kerja keras petani lokal kita. Layanan ini baru tersedia dia wilayah Jabodetabek.

2. Pak Tani Digital
Baru mencapai 10 ribu unduh di Google Playstore, dengan rating 4,3. Beroperasi pada bulan November 2018. Di aplikasi ini, selain menawarkan produk pertanian seperti sayuran dan buah-buahan, juga menjual pupuk, bibit, insektisida, mesin pertanian, traktor dan lain sebagainya. Bahkan, menyediakan jasa transporter untuk mengangkut hasil pertanian.

3. Tukangsayur.co
Aplikasi ini sama seperti TaniHub, sudah lebih dari 50 ribu unduh di Google Playstore dan rating 4,4. Aplikasi ini ada karena berdasarkan pengalaman pribadii foundernya, Chelly Triwibowo yang kesulitan membeli keperluan rumah tangga. Nah, akhirnya bersama dua rekannya membangun aplikasi ini.

Tukangsayur.co hadir menjembatani tukang sayur ke pangsa pasar yang lebih luas dengan pendekatan digital. Saat ini, layanan ini baru bisa diterapkan di beberapa kota saja, seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok, Bandung, Cileunyi, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Bali.

4. RegoPantes
RegoPantes dibuat oleh startup bernama 8Villages. Aplikasi ini dilaunching langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo, pada 23 September 2017.

Ads Air Haji

Aplikasi ini menjual berbagai kebutuhan rumah tangga di dapur, seperti beras, buah, sayur, bumbu dapur sampai produk praktis seperti kopi, teh dan madu. Hingga kini, aplikasi ini telah diunduh 5 ribu dan rating 4,3.

5. Sayurbox
‘Klik’ begitu bunyi aplikasi ini. Jumlah unduh aplikasi ini terbilang fantastis, yakni sudah 100 ribu unduh di Google Playstore dan rating 4,5.

Terdapat lebih dari 600 jenis produk segar yang ditawarkan, seperti sayur, buah, beras, daging, ikan sampai bumbu dapur.

Ada juga produk siap saji, seperti salad, buah potong, rujak buah, rice box sehat, dressing sauce untuk salad sampai jus buah.

6. Simbah
Aplikasi ini baru mencapai 1.000 unduhan dan rating 4,7. Sama seperti marketplae lainnya, menjual berbagai produk pertanian, seperti beras, sayur, bumbu dapur, sampai benih, pupuk dan mesin pertanian.
Bedanya, aplikasi menyedikan konsultasi sepitar pertanian.

7. Agripedia
Terakhir, aplikasi Agripedia juga baru mencapai 1.000 kali unduhan. Tidak jauh beda dengan aplikasi lainnya, yakni menjual mulai daging sapi, ayam, buah, sayur, beras dan bumbu dapur.
Keunggulan lainnya adalah harga yang kompetitif beserta promo gratis ongkir untuk pembelian dengan minimal tertentu.

Itulah deretan aplikasi karya anak bangsa. Yuk kita bantu para petani kita, melalui mengonsumsi produk lokal, sehingga ekonomi petani lokal semakin sejahtera. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.