Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Biota di Dunia Baru Dideskripsikan 10 Persen

0 10

BOGOR, KABARPANGAN.ID – Dosen IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultar Perikanandan Teknologi (FPIK) Dr Hawis Maddupa menyebutkan biota di dunia baru 10 persen yang sudah dideskripsikan secara baik.

10 Persen tersebut, kata dia, baru di ekosistem laut dangkal. Sementara di laut dalam belum dilakukan eksplorasi.

“Indonesia mendapatkan tantangan karena hampir semua perairan di Indonesia sudah terdampak aktivitas manusia dan banyak sekali terjadi perubahan-perubahan seperti banyaknya reklamasi yang menyebabkan hilangnya spesies,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu (30/8).

Selain itu, lanjut dia, yang perlu dipertimbangkan adalah area perlindungan laut baru sekitar 25 persen dari terumbu karang Indonesia.

Ads Air Haji

“Nah, ini yang perlu kita perhatikan bahwa baru seperempat wilayah yang baru dilindungi, padahal berbagai macam biota memerlukan space untuk hidup berkelanjutan,” katanya.

Karenanya, dalam kegiatan ini pentingnya eksplorasi keanekaragaman hayati di Indonesia melalui DNA barcoding dan eDNA metabarcoding.

“Di Indonesia banyak biota yang disinyalir mempunyai kontribusi besar terhadap jumlah kontribusi di dunia,” tuturnya.

Sementara kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan, Sukamandi Dr Joni Haryadi, menjelaskan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1994, pola arus itu melewati Indonesia sehingga larva-larva melewati kawasan Indonesia.

“Hal itu menyebebkan posisi Indonesia sangat menentukan ekosistem biodiversitas dunia. Artinya kondisi alam Indonesia tidak hanya berpengaruh untuk Indonesia saja tetapi juga untuk dunia,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.