Portal Berita Online
Ads Beras Haji

BPP Brebes dan Tegal Bertransformasi Jadi Kostratani

0 11

BREBES, KABARPANGAN.ID – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kabupaten Brebes dan Tegal, Provinsi Jawa Tengah, menyatakan siap bertransformasi dengan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang digagas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpio (SYL).

Komitmen tersebut disampaikan oleh Bupati Brebes Idza Priyanti dan Bupati Tegal Umi Azizah, setelah keduanya menerima kunjungan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi di ruang kerja masing-masing, pekan ini.

Pada kunjungan kerja di Brebes dan Tegal, hadir sejumlah pejabat Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan BPPSDMP) antara lain Kabid Program dan Evaluasi Penyuluhan Riza Fakhrizal dan Kasubbid Kelembagaan Penyuluhan, Purnomojati Anggoroseto.

“Kehadiran Kostratani di Brebes, kami menyambutnya dengan gembira. Kostratani akan memberi manfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi pertanian,” ujar Bupati Idza Priyanti.

Ads Air Haji

Bupati Idza menjelaskan, Brebes memiliki target besar di sektor pertanian dan mengharapkan dukungan pemerintah pusat agar produksi pertanian Brebes terus meningkat seperti padi dan palawija, sehingga menjadi lumbung pangan nasional dan menunjang ekspor.

“Dari produksi kompetitif bawang merah, Brebes selalu surplus tiap tahun. Rata-rata surplus 300 ribu ton per tahun, dari surplus itu, 100 ribu ton didorong memenuhi kuota ekspor. Selain bawang, surplus produksi padi rata-rata 135 ribu ton per tahun,” ungkapnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian – Kementerian Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menilai potensi pertanian Brebes dan Tegal sangat menjanjikan untuk mendukung pertanian nasional.

Sebagai informasi, Komoditas beras Tegal rata-rata surplus 63 ribu ton per tahun, yang terserap habis untuk pasar domestik. Adapun pergerakannya pada Juli 2020, telah surplus 26 ribu ton dari lahan persawahan seluas 38.447 hektar. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.