Portal Berita Online
Ads Beras Haji

BPP Bugul Kidul Gerak Cepat Antisipasi Serangan Hama Tanaman Padi

0 8

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Bugul Kidul, Pasuran, Jawa Timur gerak cepat mengantisipasi serangan hama terhadap tanaman padi di beberapa tempat di daerahnya.

Hama atau penyakit tanaman padi perlu dikendalikan, karena bila tidak akan berpengaruh pada produktivitas tanaman.

Koordinator BBP Bugul Kidul Sunarti bersama bersama penyuluh pertanian se-Kecamatan Bugul Kidul melakukan penyuluhan kepada para petani di enam kelurahan wilayah binaan BPP Bugul Kidul tentang cara pengamatan dan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padi sesuai prinsip enam Tepat. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi serangan hama dan penyakit tanaman yang bisa menggagalkan panen petani sekaligus sangat merugikan petani.

“Walaupun kondisi saat ini pandemi Covid-19, kami tetap berusaha memberikan penyuluhan dengan menerapkan protokol kesehatan. Jadi sebelum petani melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padinya, sebaiknya petani melakukan pengamatan terlebih dahulu, sehingga petani bisa mengidentifikasi hama dan penyakit yang ada di lahan pertaniannya,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (29/8).

Ads Air Haji

Lanjut dia, maka dengan cara turun ke lahan dan mengamati di beberapa tanaman apakah ada hama yang bersarang di sana, berapa jumlahnya dan seberapa luas yang sudah terserang.

“Dengan identifikasi tersebut maka petani dapat menentukan tindakan selanjutnya, yaitu perlu atau tidaknya suatu kegiatan pengendalian hama dan penyakit dilakukan,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof Dedi Nursyamsi mengatakan, pertanian cukup rawan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman.

“Hama bisa merusak tanaman dan membuat petani gagal panen. Oleh karena itu petani dan penyuluh harus mengantisipasinya segera,” tukasnya. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.