Portal Berita Online
Ads Beras Haji

BPP Dampingi Petani Pandeglang Bangun JIDES

0 6

PANDEGLANG, KABARPANGAN.ID – Air merupakan salah satu unsur yang sangat peting dalam keberlanjutan pertanian. Bila tidak ada air, maka produksi pangan dapat terhenti.

Oleh karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki beberapa program guna mendukung manajemen air, salah satunya Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi meminta petani segera menerapkan inovasi teknologi, terutama untuk tanaman padi dan komoditas bernilai ekonomis di daerah irigasi.

Penerapan inovasi dilakukan oleh petani di Kecamatan Pandeglang, Banten, yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) dan Kelompok Petani Pengguna Air (P3A) yang dalam waktu dekat akan segera memiliki jaringan irigasi desa (JIDES).

Ads Air Haji

Pendamping kelompok P3A Sindang Jaya Yudi Slamet Hidayat menyampaikan kehadiran JIDES disambut baik petani. Bahkan petani sangat mengharapkan agar program ini segera terlaksana.

“Dengan tanam lebih banyak, frekuensi panen lebih banyak, harapan untuk memperoleh hasil yang maksimal bagi petani semakin terbuka lebar,” ujar Yudi.

Anggaran jides dengan panjang 46 meter kanan dan kiri dilokasi masing-masing kelompok ini mencapai Rp 27,5 juta. JIDES akan dibangun mulai Minggu ketiga September ini. Pengerjaan akan dilakukan secara swakelola oleh kelompok tani dan kelompok P3A.

Koordinator Penyuluh di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kostratani Kecamatan Pandeglang Rully Carolina mengungkapkan, pembangunan JIDES diutamakan pada jaringan irigasi yang rusak dan atau memerlukan peningkatan debit air. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.