Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Budidaya Cacing Sutera, Bisnis yang Menjanjikan

0 16

JAKARTA, Kabarpangan.ID – Dalam melakukan budidaya ikan menggunakan pakan alami sangat penting. Ikan akan tumbuh sehat, dan jauh dari penyakit. Oleh karena itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak masyarakat untuk budidaya pakan alami, yakni cacing sutera atau Tubifex.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto menjelaskan, dalam perbenihan ikan diperlukan pakan Tubifex agar produksi benih tidak terganggu. Untuk itu, keberadaan pakan alami sangat penting.

“Orang jarang sekali melihat padahal pakan alami punya peranan sangat penting atau bahkan dianggap sebagai pondasi dalam berbudidaya ikan,” katanya dalam keterangannya, Senin (3/8).

Untuk itu, KKP terus menekankan agar kegiatan budidaya pakan alami terus dikembangkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perikanan Budidaya, Badan riset dan lainnya. Karena pakan alami lainnya seperti daphnia, cladosera, kedepannya punya potensi bisnis yang menarik bahkan bisa menjadi skala industri.

Ads Air Haji

“Bukan hanya Tubifex, ke depan ini kita akan spesialisasikan untuk jenis-jenis pakan alami. Karena, kalau kita ingin membangun industri benih maka industri pakan alami juga harus dibangun, sehingga nanti akan ada spesialisasi orang khusus membangun Rotifera saja, memproduksi Tubifex saja, ada yang memproduksi Chlorella saja. Dengan begitu industrialisasinya dapat dibangun kokoh,” ungkap dia.

Untuk mencapai itu semua, lanjut dia, langkah yang harus ditempuh, pertama yaitu input produksi, jelas diperlukan secara berkesinambungan. Kedua, volume sesuai seperti yang diperlukan. Dan yang ketiga tentunya kualitas harus dijamin dan dijaga dengan sebaik mungkin.

“Sebagai contoh kalau kita produksi tubifex biasanya kita dapat di saluran, kolam-kolam irigasi, maka biosecurity serta higienismenya kurang terjamin,” katanya.

Direktur Pakan dan Obat Ikan DJPB Mimid Abdul Hamid menambahkan, budidaya pakan alami seperti Tubifex sebagai salah satu pakan alami yang sangat strategis dalam mendukung produksi benih ikan nasional.

“Target produksi untuk ikan di tahun 2020 kurang lebih sebanyak 6,2 juta ton, dan target itu mustahil tercapai jika kita tidak mempunyai benih yang berkualitas. Sementara untuk mendapatkan benih yang berkualitas, harus didukung juga dengan pakan alami yang berkualitas,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.