Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Budidaya Udang, Petambak Ujung Alang Pakai teknologi polikultur biofilter

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Petambak udang di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kini menggunakan teknologi polikultur biofilter. Alat ini bisa mengurangi penyakit pada udang.

Teknologi Polikultur biofilter adalah usaha pertanian yang membudidayakan berbagai jenis tanaman pertanian pada lahan yang sama. Sistem ini meniru keanekaragaman ekosistem alami dan menghindari pertanaman tunggal atau monokultur.

Di wilayah ini, General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Joko Pranoto melakukan kegiatan tabur benih udang windu dan Ikan bandeng sekitar 60 ribu benih udang windu dan 20 ribu benih ikan bandeng.

Ads Air Haji

Tambak Polikultur Biofilter ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina RU IV Cilacap di mana siklus kehidupan satwa di tambak dipadukan dengan tanaman mangrove yang berperan sebagai pakan alami bagi udang dan bandeng dikombinasikan dengan kehadiran kerang totok yang berfungsi guna menyerap residu dari proses yang ada di tambak.

“Sebagai bukti komitmen kami untuk terus hadir di lingkungan sekitar kilang guna membantu penguatan ekonomi masyarakat,” katanya dalam keterangannya, Minggu (26/7).

Program Tambak Polikultur Biofilter ini pun merupakan inovasi dari pemanfaatan Program Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) yang ada di Dusun Bondan. Dengan mengalirkan listrik untuk airator tambak ini, lanjut Joko, diharapkan mampu memperkaya oksigen yang ada di dalam tambak, sehingga mampu meningkatkan hasil produktivitas tambak.

Sekadar informasi, Dusun Bondan tergolong wilayah yang masyarakatnya masih kurang mampu. Sekitar 78 kepala keluarga yang terdiri dari 312 jiwa hidup di dusun ini dengan bermata pencaharian nelayan dan petambak. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.