Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Bupati Touna Dukung Program Gratieks Pertanian Kementan

0 7

TOUNA, KABARPANGAN.ID – Bupati Tojo Una-Una (Touna), Sulawesi Tengah, Mohammad Lahay mendukung program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) produk pertanian yang digagas Menteri Petranian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Di daerahnya, program tersebut membuat pelaku usaha, petani dan peternak semangat untuk meningkatkan produksi, dan menggenjot kualitas dan bahkan dapat menembus pasar ekspor.

“Terakhir jagung Touna diekspor tahun 2018 dan kini dengan dukungan semua pihak dapat diekspor secara perdana di tahun 2020,” ujarnya, Jumat (11/9).

Disebutkan, ekspor perdana jagung itu sebanyak 6.100 ton dengan nilai Rp 22 miliar dengan negara tujuan Filipina.

Ads Air Haji

Selain jagung, daeahnya juga mengekspor produk olahan kelapa berupa coconut water consentrat sebanyak 40 ton dengan nilai Rp.627,7 juta ke Singapore.

Dia mengingatkan kepada pemerintah pusat, keberhasilan eksportasi produk unggulan asal Touna ini harus dibarengi dengan memerhatikan kesejahteraan petani.

”Artinya, hasil panen yang berlimpah harus dibarengi dengan kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kementan untuk mendorong ekspor agar harga tetap stabil,” ucapnya.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementan Andi Yusmanto mengatakan, dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa nilai ekspor pertanian mengalami peningkatan sebesar 24,35 persen atau USD 370 juta pada Semester 1/2020 .

“Gratieks merupakan gerakan yang disusun terstruktur dari hulu hingga hilir untuk mencapai target nilai tiga kali lipat secara di tahun 2024,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.