Portal Berita Online
Ads Beras Haji

CPO Untuk Pembangkit Listrik Masih Dikaji

0 8

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangtan) Kementerian ESDM, tengah melakukan kajian kelayakan pemanfaatan minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) hingga Desember 2020.

Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis Yudo Dwinanda Priaadi mengatakan, pemanfatan CPO bisa menekan biaya BBM yang cukup besar.

“Penggunaan CPO, dapat menghemat anggaran subsidi listrik yang meningkat setiap tahun,” katanya dalam laman situs resme Kementerian ESDM, Minggu (9/8).

Ads Air Haji

Kepala P3TKEBTKE Chrisnawan Anditya menjelaskan, kajian dilakukan karena tingginya penggunaan BBM untuk PLTD dan Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG).

“Pada tahun 2018, pemakaian BBM di pembangkit PLN sekitar 4 juta kiloliter,” ujarnya.
Dia memperkirakan pemakaian akan meningkat 960.000 kiloliter per tahun, ini karena adanya tambahan PLTMG baru dengan total kapasitas sebesar 520 MW selama 2019 hingga 2028.

Data PLN 2018 mencatat, biaya bahan bakar PLTD mencapai Rp 26 triliun atau 16 persen dari total biaya bahan bakar PLN. Namun, listrik yang dihasilkan PLTD hanya 6 persen dari total listrik yang diproduksi PLN. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.