Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Di Lahan Sempit, Petani Madiun Optimalkan Produksi Pertanian

0 32

MADIUN, KABARPANGAN.ID – Memiliki lahan sempit bukan halangan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari pemilihan bibit unggul, sistem tanam yang modern, hingga pemakaian pupuk.

Misalnya, di Madiun, Jawa Timur. Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun mendorong para petaninya untuk mengoptimalkan hasil produksi

Ads Air Haji

“Kota Madiun ini lahannya sempit. Tapi bagaimana dengan lahan yang sempit ini, petani bisa menghasilkan maksimal. Sehingga, manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar Wali Kota Madiun, Maidi dalam kegiatan panen padi di Kelurahan Winongo, Kota Madiun, pekan ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemkot Madiun juga menggandeng sejumlah instansi baik swasta maupun milik pemerintah. Salah satunya, produsen pupuk milik negara, PT Petrokimia Gresik (PG) yang memberikan bantuan pupuk organik Petroganik dan Phonska Plus kepada kelompok tani di Kota Madiun.

Dengan bantuan dan pendampingan tersebut, kelompok petani Tani Dadi Makmur, Madiun berhasil meningkatkan kapasitas produksinya. Yaitu, dari 7 ton per hektar (ha) menjadi 8,43 ton per ha. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.