Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Dirjen Hortikultura Kini Kelola Arsip Secara Elektronik

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) untuk meningkatkan mutu kearsipan kini menggunakan sistem elektronik.

Hal ini sejalan dengan instruksi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk sistem persuratan dan pengelolaan kearsipan secara elektronik.

“Kearsipan sangat penting dalam membangun pemerintahan yang baik dan modern. Pengelolaan arsip secara tertib dan terpadu dengan memanfaatkan teknologi melalui penerapan e-government merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi,” ujar Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto di Malang, Jumat (4/9).

Ads Air Haji

Menurutnya, penerapan teknologi dalam sistem persuratan dan kearsipan memerlukan data yang terintegrasi dan dinamis. Keberadaan arsip melindungi kepentingan negara. Untuk itu diperlukan peningkatan kualitas kebijakan publik dengan sistem penyajian data secara cepat, simultan dan terarah.

Secara virtual, Sesditjen Hortikultura Retno Sri Hartati Mulyandari mengatakan, masih ada yang membuat surat peting substansinya namun belum belum memperhatikan kaidah penulisannya sesuai dengan Tata Naskah Dinas Kementan.

“Ini tentunya harus diperbaiki secara bersama-sama. Melalui Tata naskah Dinas Elektronis diharapkan dapat meningkatkan efisiensi tata kelola surat dan sekaligus kearsipan,” tukasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.