Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Disalip Vietnam, Indonesia Siap Rebut Jadi Produsen Kopi Nomor Dua di Dunia

0 11

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang P S Brodjonegoro menyatakan Indonesia bertekad akan kembali merebut posisi sebagai produsen kopi nomor dua di dunia yang kini ditempati Vietnam.

Upaya yang dilakukannya adalah meningkatkan produksi. Karena jika produktivitas naik, maka banyak yang diserap di pasar dunia. Kata dia, saat ini rata-rata produksi kopi per tahun Indonesia mencapai 600 ribu ton dari 1,3 juta hektar lahan perkebunan kopi.

“Maka, dari jumlah tersebut, yakni 45 persen diserap pasar dalam negeri dan sisanya diekspor,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (5/9).

Ads Air Haji

Selain itu, kata dia, kendala yang dihadapi adalah luasan lahan kopi di Tanah Air yang masih terbatas. Memang, luasan lahan Indonesia masih lebih besar dibandingkan Vietnam. Namun produktivitas kopi Vietnam lebih maksimal. Ini akan dicarikan solusinya dengan menciptkan teknologi terkini dan bibit kopi unggul.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Irfan Anwar mengatakan, persoalan kopi Indonesia harus menjadi perhatian pemerintah Indonesia.

Dia menyebutkan, lahan di Indonesia 1,3 juta hektar, sementara Vietnam hanya mempunyai 650.000 hektar. Akan tetapi, Vitenam dapat menghasilkan 2,3 ton kopi per hektar, sedangkan di Indonesia maksimal hanya 700 kilogram.

“Nah maka tidak heran Vietnam jadi penghasil kopi nomor dua di dunia, lalu nomor satu masih Brasil, nomor tiga Kolombia, dan Indonesia, nomor empat,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.