Portal Berita Online

Dishanpan dan Bapeltan Jambi Dukung Ketahanan Pangan

0 22

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) dan Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Provinsi Jambi mendukung ketahanan pangan yang tengah diupayakan oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Dukungan diberikan Bapeltan Jambi dengan melaksanakan Webinar bertajuk ”Peran Kostratani dalam Memperkuat Ketahanan Pangan dan Masyarakat Melalui Pengembangan Ketahanan Pangan Lokal” dari Merangin, Rabu (26/8).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy, menghadirkan sebagai pembica yaitu Wakil Bupati Merangin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jambi, Widyaiswara Bapeltan Jambi, dan petani sukses pelaku usaha pertanian.

Dalam kegiatan itu, Kepala Dishanpan Provinsi Jambi, Amir Hasbi, menyampaikan materi mengenai “Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal di Provinsi Jambi Melalui Gerakan Pengawalan dan Pendampingan Kostratani”. Hasbi mengajak seluruh masyarakat agar melakukan upaya dalam proses diversifikasi pangan.

“Ada upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk memperkuat ketahanan pangan. Seperti memperbaiki konsumsi protein hewani, menggiatkan konsumsi buah dan sayuran, dan mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan menjadi hal yang harus sama-sama kita lakukan,” ujarnya.

Dukungan juga disampaikan Wakil Bupati Merangin Mashuri. Ia berharap potensi diversifikasi pangan lokal bisa diangkat.

“Kita harus terus melakukan upaya pengembangan pertumbuhan industri makanan berbasis Sumber Daya Alam (SDA) lokal di luar beras seperti mengolah umbi-umbian menjadi tepung sebagai subtitusi beras dan terigu,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menyampaikan, jika Kostratani hadir untuk menjaga ketahanan pangan.

“Sebab, Kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran BPP dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional,” tuturnya.

Hal tidak jauh berbeda disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Menurutnya, ketahanan pangan akan bisa terealisasi jika semua pihak mengambil peran.

“Menjaga dan memperkuat ketahanan pangan adalah tugas bersama. Caranya dengan mengonsumsi makanan lokal. Selain itu kita juga harus memanfaatkan seluruh lahan yang tersedia. Baik lahan pekarangan maupun lainnya. Manfaatkan semua lahan untuk tanam,” pungkasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.