Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Diversifikasi Garam Untungkan Pelaku Usaha

0 148

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Selain menguntungkan pelaku usaha, diversifikasi garam atau penganekaragaman produk garam, juga bisa meningkatkan kesejahteraan petambak garam.

Diketahui, produksi garam rakyat sebagian besar masih berupa garam kroscok dengan kandungan NaCl 88-92,5 persen. Adapun standar garam untuk kebutuhan industri harus memiliki kandungan NaCL di atas 96 persen.

Septi Ariyani, salah satu pelaku usaha asal Cirebon, Jawa Barat, jeli menangkap peluang dengan memanfaatkan produk garam sebagai bahan baku untuk kesehatan dan kecantikan.

“Sangat sederhana, proses pembuatan dari garam dicampurkan dengan bahan pelengkap seperti essential oil dan perfume,” katanya dalam webinar bersama Kementerian Pertanian dan Kelautan (KK), baru-baru ini.

Ads Air Haji

Garam tersebut dari buatannya sendiri. Dalam satu hari, ia mampu memproduksi 50 kilogram (kg) per hari atau rata-rata 10 ton per bulan.

Ia menyebut, kandungan garam kaya akan kandungan mineral seperti natrium, klor, kalsium, kalium, besi, iodium, mangan, tembaga, zink, dan kobalt.

“Kandungan mineral dalam garam dapat mengencangkan kulit, dan menyeimbangkan produksi minyak dan mempertahankan hidrasi,” tuturnya.

Kesempatan yang sama, Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi KKP Budi Sulistiyo mengatakan, diversifikasi produk turunan garam di antaranya bisa memanfaatkan limbah garam atau bittern yang diolah menghasilkan magnesium.

“Setelah jadi, bisa menjadi kebutuhan pakan untuk budidaya perikanan,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.