Portal Berita Online

Diversifikasi Tembakau Bisa Sejahterakan Petani

0 8

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Tanaman tembakau Indonesia selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal, jika dilakukan diversifikasi akan memberikan nilai tambah alias kesejahteraan bagi petani.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, tanaman tembakau bisa menghasilkan berbagai macam produk turunan melalui ekstraksi.

Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Hendratmojo Bagus Hundoro mengatakan, selama ini tanaman tembakau hanya diolah menjadi produk rokok.

“Sebetulnya, varietes tanaman tembakau bisa diolah sehingga bisa menghasilkan berbagai macam produk turunan selain rokok,” ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut dia, selain untuk produk rokok, tamanan tembakau bisa diolah menjadi asap cir tembakau yang berfungsi sebagai pestisida nabati.

Tak hanya itu, hasil ekstrasi tembakau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku produk farmasi maupun produk kosmestik. Juga, bisa menghasilkan nikotin cair, seperti cairan vape atau rokok elektrik yang tengah digandrungi di kalangan kaum milienial.

“Sehingga, diversifikasi produk tembakau ini dapat membantu petani tembakau memperoleh nilai tambah,” ucapnya.

Seirama, Pengamat ekonomi pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Prima Gandhi berpandangan, diversifikasi tembakau akan meningkatkan pendapatan petani.

“Untuk itu, ke depan potensi pengembangan produk ekstraksi tembakau ini dapat terus digali dan dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi petani,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.