Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Dongkrak Produksi Pertanian, Kementan Minta Petani Kotawaringin Barat Pakai Alsintan

0 13

KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) minta petani di Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah untuk memanfaatkan alat dan mesin pertanian (alsintan) guna meningkatkan produktivitas pertanian.

“Semangat Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kotawaringin Barat patut diapresiasi. Karena, mereka turut mendukung mekanisasi pertanian. Dan ini mencerminkan pertanian Kotawaringin Barat siap menuju pertanian yang modern,” ujar Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, pekan ini.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menambahkan, dengan alsintan petani Kobar bisa mendapatkan produksi yang tinggi.

Ads Air Haji

“Salah satu keunggulan menggunakan alsintan adalah bisa meningkatkan produktivitas. Sebab, alsintan juga bisa meminimalisir losses. Selain itu, dengan alsintan aktivitas pertanian menjadi lebih cepat dan efektif,” katanya.

Sementara Kepala Dinas TPHP Kobar melalui Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan Suryati, berkomitmen mendukung petani dalam pemanfaatan lahan.

“Sejak awal pemanfaatan lahan replanting karet untuk budidaya semangka ini, Dinas TPHP telah memfasilitasi petani dengan memberikan pinjam pakai alat mesin pertanian berupa hand traktor dan mesin pompa air kepada petani,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.