Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Dorong Produk Olahan, Sulut Ekspor 104 Ton Kelapa Parut ke Brasil

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong petani tidak hanya mengekspor dalam bentuk bahan baku, namun juga berupa produk olahan. Misalnya, kelapa parut olahan.

Salah satunya, belum lama ini Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melakukan ekspor kelapa parut ke Brasil, Amerika Latin, sebanyak 104 ton.

Kepala Karantina Pertanian Manado Doni Muksydayan mengatakan, produk olahan memiliki nilai tambah yang besar dibanding hanya menjual dalam bentuk mentah.

“Ekspor dalam bentuk produk olahan kelapa parut, selain bisa menambah nilai jual, juga dapat menambah umur simpan sehingga produk lebih tahn lama,” katanya, dalam keterangannya, pekan ini.

Ads Air Haji

Dia menjelaskan, dalam pembuatan produk olahan kelapa parut, dipilih kelapa yang tua. Ada beberapa tahap dalam pembuatan kelapa parut.

“Di antaranya pembuangan sabut dan tempurung kelapa, pembuatan testa, pencucian, blanching, pemarutan, pengeringan, pengukusan, pengepressan, pengeringan kembali kemudian dilakukan penggilingan,” tuturnya.

Senada, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil mengatakan, salah satu cara untuk meningkatkan nilai pertumbuhan ekspor adalah dengan mendorong ekspor produk setengah jadi dan jadi produk turunannya.

“Kita pacu ekspor sesuai semangat yang digerakkan Menteri Syahrul Yasin Limpo dengan Gratieks. Ekspor meningkat, petani juga dapat meningkat kesejahteraannya,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.