Portal Berita Online
Ads Beras Haji

DPR Dorong Kementan Cetak Generasi Petani Milenial

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – DPR RI menyoroti masih rendahanya kelompok milenial yang berkecimpung di dunia pertanian. Ironisnya, banyak lulusan pertanian malah bekerja di sektor lain karena lebih menjanjikan ketimbang pada sektor pertanian.

Nah, hal inilah yang perlu menjadi perhatian serius dari pemerintah terutama Kementerian Pertanian (Kementan) bagaimana menghadirkan program atau kebijakan untuk mengajak kaum milenial tetarik pada pembangunan pertanian.

Karenanya, dia mendukung salah satu program dari Kementan melalui pendidikan Politeknik Pembangunan Pertanian. Menurut dia, nantinya akan banyak kaum milenial yang konsentrasi pada sektor pertanian sehingga apa yang ditargetkan pemerintah, yakni Indonesia menjadi lumbung pangan nasional akan menjadi kenyataan.

“Kementerian Pertanian juga jangan lupa menyampaikan program-program keberhasilan pembangunan pertanian harus pada masyarakat, salah satunya generasi milenial pertanian, yakni Politeknik Pembangunan Pertanian. Ini sangat penting untuk memotivasi mereka membangun pertanian kedepannya,” katanya, Sabtu (27/7).

Ads Air Haji

Kesempatan yang sama, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, melalui 500 ribu pemuda tani yang teridir dari Politeknik Pembangunan Pertanian, Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia Serpong, dan SMK PP serta program YESS diharapkan dapat mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.

“Selain itu, kami juga menargetkan penyerapan 50 juta tenaga kerja pertanian serta penumbuhan 2,5 juta pengusaha pertanian milenial,” ujarnya.

Kementan, lanjut dia, akan berupaya mencetak generasi petani milenial berkualitas sebagaimana dibutuhkan di zaman sekarang ini, yang nantinya bisa menggerakkan pembangunan pertanian menjadi lebih maju lagi.

“Kami akan genjot mencetak SDM pertanian yang berkualitas dan melakukan inovasi teknologi yang mendukung industri 4.0,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.