Portal Berita Online
Ads Beras Haji

DPR Dukung Kementan Salurkan Pupuk Subsidi Lewat Kartu Tani

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Komisi IV DPR RI mendukung Kementerian Pertanian (Kementan) dalam penyaluran pupuk bersubsidi pemerintah melalui Kartu Tani. Pendistrubusian sebelumnya menggunakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Anggota Komisi IV DPR RI Daneil Johan menyetujui rencana Menteri Pertanian (Mentan) yang akan menerapkan Kartu Tani dalam pendistribusian pupuk bersubsidi secara bertahap. Karenanya, harus dilakukan sosialisasi secara intensif.

“Kami setuju dan akan melakukan pengawasan dalam implementasinya. Terpenting, subsidi harus tetap berjalan lancar dan tepat waktu,” ujar Daniel dalam keterangan Kementan, Jumat (28/8).

Lanjut dia, jika nantinya terjadi keterlambatan dalam pendistribusian pupuk, maka dirut Pupuk Indonesia harus bertanggung jawab, karena akan merugikan semua pihak, terutama para petani dalam berproduksi.

Ads Air Haji

“Pupuk Indonesia harus tanggung jawab kalau sampai telat karena bisa menurunkan produktivitas. Selain itu, para dirut harus bertanggungjawab kepada petani,” ucapnya.

Mengenai hal ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak Direktur pupuk Indonesia bersama-sama menyelesaikan permasalahan pupuk bersubsidi untuk mendukung perkembangan sektor pertanian ke depan.

“Pertanian itu ditentukan oleh penggunaan varietas yang baik, budidaya yang benar, dan pupuk yang cukup. Oleh karena itu, dalam kondisi saat ini saya meminta direktur Pupuk Indonesia bersama seluruh jajaran dan perbankan untuk betul-betul mengatasi masalah pupuk ini,” tukasnya.

Sebagai informasi, alokasi pupuk bersubsidi tahun 2020 ditetapkan sebanyak 7,94 juta ton dengan nilai subsidi sebesar Rp 26,62 triliun. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.