Portal Berita Online
Ads Beras Haji

DPR Tolak Simplikasi Cukai Rokok

0 11

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – DPR RI dengan tegas menyatakan tidak setuju soal kebijakan simplikasi atau penyederhaan cukai rokok yang berlaku pada 2021 mendatang. Kebijakan tersebut dianggap akan berdampak buruk bagi industri dan kesejahteraan petani tembakau.

“Kami tidak setuju dengan segala kebijakan yang memusuhi dan mematikan industri hasil tembakau nasional. Sudah jelas itu akan berdampak pada serapan produk tembakau, dan kemudian mengancam eksistensi pabrikan rokok menengah dan kecil, juga tenaga kerja, petani serta buruh rokok yang ada di sektor itu,” kata anggota Fraksi PKB DPR RI, Lulu Nur Hamidah, dalam keterangannya, Jumat (31/7).

Masalah kesehatan, menurutnya, bukan disebabkan oleh rokok. Ada banyak faktor yang memengaruhi kesehatan masyarakat, seperti lingkungan dan sanitasi yang buruk, polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor dan juga polusi dari berbagai pabrik,.

Ads Air Haji

“Kenapa industri-industri lainnya seperti industri plastik misalnya tanggung jawabnya sangat rendah untuk urusan menjaga lingkungan. Itu yang tidak diurus oleh pemerintah dan mereka itu juga seharusnya dipajaki tinggi. Tetapi ini yang terkait dengan petani (tembakau) yang selalu diobok-obok,” sesalnya.

Seharusnya, lanjut dia, pemerinah mengatur persoalan siapa saja yang boleh dan tidak boleh merokok, tempat yang boleh dan tidak boleh merokok.

“Sehingga anggota masyarakat yang tidak merokok seperti dirinya tidak terpapar asap rokok dari para perokok. Namun bukan peraturan yang mematikan produksi rokok baik langsung maupun lewat kebijakan simplifikasi dan kenaikan cukai yang tinggi,” pungkasnya.(mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.