Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Duh! Kasihan, Harga Cabai di Tingkat Petani Masih Rendah

0 8

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Di tengah kondisi seperti ini harga cabai di tingkat petani masih rendah. Padahal, masa panen raya cabai sudah selesai.

Ketua Umum Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Abdul Hamid menyebutkan, rata-rata harga aneka cabai di petani saat ini sekitar Rp 20 ribu/kilogram (kg). Kata dia, pasca Idul Adha harga dari tingkat petani bisa menyentuh Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu/kg.

“Saat ini produksi cabai sudah tidak banyak lagi, tapi harga masih tidak naik-naik. Sepertinya memang daya beli masyarakat yang rendah akibat pandemi Covid-19,” katanya di Jakarta, Selasa (11/8).

Ads Air Haji

Posisi harga saat ini, lanjut dia, memang masih jauh lebih baik dibanding pada panen raya bulan Juni lalu yang sempat menyentuh Rp 5 ribu/kg. Apalagi saat itu penjualan terbatas terkendala PSBB.

Untuk kembali menggeliatkan sektor bisnis hortikultura, menurut dia kunci masalahnya ada di pemulihan ekonomi nasional. Inilah yang harus didorong pemerintah agar segera melakukan percepatan perbaikan ekonomi.

“Pemerintah seharusnya membantu petani. Tapi setahu saya ada bantuan benih untuk petani agar bisa menanam untuk musim selanjutnya,” pungkasnya.

Data dari kementan, hingga10 Agustus 2020, rata-rata harga cabai merah keriting nasional sebesar Rp 28.232/kg atau turun 2 persen dari hari sebelumnya. Adapun untuk cabai rawit merah secara nasional dihargai rata-rata Rp 30.449/kg, naik 1,41 persen dari posisi 9 Agustus 2020. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.