Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ekspor Bungkil Sawit Meningkat di Musim Covid-19

0 8

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Pandemi Covid-19 tidak berdampak pada sektor pangan, terutama komoditas perkebunan bungkil sawit atau Palm Kernel Expeller (PKE) asal Provinsi Riau. Pada semester pertama 2020 meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Berdasarkan data IQfast, ekspor bungkil sawit pada semester pertama 2019, frekuensi pengiriman PKE sebanyak 161 kali dengan jumlah 332.857 ton. Sedangkan pada semester pertama tahun 2020 ini frekuensi ekspor meningkat menjadi 168 kali sebanyak 352.577 ton.

Ads Air Haji

“Walaupun kenaikan tersebut tidak signifikan sekitar 4,4 persen, tetapi ekspor PKE asal Riau ini cukup menggembirakan. Karena artinya pasar PKE stabil walaupun kondisi ekonomi dunia terimbas melemah akibat Covid-19,” ujar Kepala Karantina Pertanian Pekanbaru, Rina Delfi dalam keterangannya, Minggu (23/8).

Rina mengungkapkan stabilnya ekspor PKE ini tak luput dari kualitas PKE yang mampu bersaing di pasar global. Karantina Pertanian Pekanbaru berupaya agar produk tersebut dapat diterima negara tujuan dengan cara memberikan bimtek pemenuhan persyaratan Sanitari dan Fitosanitary sesuai dengan persyaratan negara tujuan yaitu New Zealand, Inggris, Belanda, China, Saudi Arabia dan Korea Selatan. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.