Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ekspor CPO di Musim Covid-19 Tetap Lancar

0 20

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kinerja ekspor minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) di tengah pandemi Covid-19 masih tetap positif.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Merauke mencatat, pada kuartal I/2020, telah memfasilitasi ekspor ekspor CPO sebanyak empat kali.

Masing-masing dua kali sertifikasi ekspor CPO dengan total 6.300 ribu ton senilai Rp 51,6 miliar di bulan Juni, dilanjutkan pada bulan April disertifikasi sebanyak dua kali, dengan total volume 6.801 ribu ton atau senilai Rp 111 miliar. Dan di bulan Juni tercatat 5.951 ton dengan nilai 35,6 miliar.

“Seluruh komoditas pertanian yang diekspor telah melalui serangkaian tindakan karantina pertanian agar dapat dipastikan sehat, aman dan sesuai dengan persyaratan teknis negara tujuan,” kata Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman dalam keterangannya, kemarin (29/7).

Ads Air Haji

Kabupaten Merauke merupakan salah satu wilayah Indonesia yang berpotensi besar untuk terus dikembangkan produk unggulan ekspornya.

Dengan ketersediaan lahan yang luas, keragaman produk, dan peluang pangsa pasar yang strategis serta dukungan dari seluruh stakeholder, tidak menutup kemungkinan roda perekonomian Merauke akan terus bertumbuh dengan baik.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan pertanian selama semester I/2020 surplus sebesar Rp 55,09 triliun.

Adapun komoditas perkebunan penyumbang terbanyak, yakni sebesar Rp 138,76 triliun, dengan andalan kelapa sawit, karet dan kakao. Sementara disusul dari tanaman pangan menyumbang Rp 52,07 triliun, hortikultura Rp 11,81 triliun dan peternakan Rp 20 triliun. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.