Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Eksportir Tahan Ekspor, Kementan: Malapetaka Kalau Kita Masih Impor

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat sejumlah negara eksportir beras dan gandum menahan pasokan mereka. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan di negara masing-masing.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan, negara yang dimaksud adalah Thailand, Myanmar yang menahan berasnya untuk tidak dieskpor. Begitu juga, dengan eksportir gandum, seperti Ukraina, Cina, dan Amerika Serikat.

Ads Air Haji

Nah, dengan demikian, kata dia, masyarakat Indonesia harus melakukan diversifikasi pangan lokal, sehingga nantinya Indonesia tidak bergantung pada pangan impor. Ini karena produktivitas pertanian nasional surplus sehingga mencukupi kebutuhan dalam negeri.

“Kalau kita masih gantungkan pada pangan impor itu namanya malapetaka, itu bahaya,” ujarnya dalam video daring, Jumat (7/8).

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sektor pertanian tumbuh 2,19 persen secara tahunan (year on year/yoy). Sementara seCara kuartalan, sektor ini tumbuh dua digit, 16,24 persen yang merupakan kenaikan tertinggi dibandingkan sektor lainnya. Sedangkan, kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 15,46 persen. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.