Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Florikultura Kabupaten Bogor Jadi Langganan Ekspor

0 23

BOGOR, KABARPANGAN.ID – Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, dikenal beragam florikultura (tanaman hias) yang menarik. Di wilayah ini sebagiann besar, masyarakatnya menjual tanaman hias, bahkan pembelinya hingga mancanegara.

CV Flora Berkah Abadi, adalah salah satu perusahaan di Kabupaten Bogor, yang mengembangkan bisnis tanaman hias. Bisnis

Rizqa, pendiri CV Flora Berkah Abadi, baru satu tahun memulai usaha florikultura sudah mampu melakukan ekspor ke sejumlah negara. Seperti ke Eropa, Amerika, Kanada, Singapura, Hongkong, Malaysia, dan Thailand.

Ads Air Haji

“Tanaman yang kami ekspor di antaranya Anthurium Varians, Monstera Albo, Monstera Peru, Philodendron Varians, Calathea Varians, Scindapsus Treubii, Scindapsus Silver Splash, Alocasia Black Velvet, Alocasia Silver Dragon, Aglaonema Pictum,” ujarnya, Rabu (2/9).

Dalam proses ekpor, kata dia, mendapatkan pendampingan dari Badan Karantina Pertanian untuk prosedur Sanitary Phyto Sanitary (SPS).

“Harga tanaman bervariasi, termahal 200 Dolar AS. Biaya pengiriman ditanggung pembeli. Kurang lebih sepuluh kali kami melakukan ekspor,” ungkapnya.

Diketahui, ekspor bisnis hortikultura dan florikultura, sesuai dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) SYL dalam program Gerakan tiga Kali Ekspor (GRATIEKS). (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.