Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Food Estate Diyakini Mampu Jaga EKonomi Nasional

0 12

JAKARTA, KABARPANGAN.ID –  Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) meyakini proyek food estate selain meningkatkan ketahanan pangan juga dapat menjaga pertumbuhan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kemenko Perekonomian Musdalifah Machmud mengatakan, dari hasil rilis Produk Domestik Bruto (PDB) nasional oleh Badan Pusat Statistik, hanya sektor pertanian yang paling tinggi kontribusinya terhadap pertumbuhan nasional.

“Diharapkan food estate bisa berkontribusi positif dalam kondisi apapun untuk menjaga ekonomi kita tetap bisa berjalan,” katanya dalam video daring, Kamis (6/8).

Ads Air Haji

Menurut dia, food estate menjadi salah satu bentuk konkret untuk meningkatkan kegiatan pertanian agar kesejahteraan petani meningkat, lapangan kerja bertambah, dan berujung pada meningkatnya ketahanan pangan.

Untuk tahap pertama, kata dia, food estate akan fokus pada komoditas beras. Itu karena beras sebagai komoditas makanan pokok seluruh masyarakat Indonesia. Meski begitu, tidak mengesampingkan upaya bersama untuk melakukan diversifikasi pangan non beras.

“Negara yang agraris memang harus ada food estate. Kita harus bangkitkan dan dijalankan. Dalam kondisi ini, masyarakat yang kehilangan pekerjaan bisa terserap di sini,” tuturnya.

Diketahui, Data BPS pada kuartal II/2020, sektor pertanian menyumbang 15,46 persen dari total PDB nasional. Angka itu, meningkat dibanding kuartal I 2020 yang sebesar 12,84 persen maupun dibanding kuartal II tahun 2019 sebesar 13,57 persen. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.