Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Gerak Cepat Kementan Atasi Banjir di Musim Kemarau

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan gerak cepat untuk mendata dan memastikan angka pusonya, akibat banjir bandang menerjang di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, pada Sabtu (1/8).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geologi (BMKG) sebelumnya telah mengingatkan, meski potensi  kemarau tinggi di sejumlah wilayah, namun di wilayah ekuator masih berpotensi curah hujan tinggi. Tahun ini iklim kontras, yakni sejumlah wilayah kekeringan, sementara wilayah lain diguyur hujan yang ekstrim.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, menginstruksikan kepada jajarannya untuk melakukan penanganan secepat mungkin. Pihaknya juga akan memberikan berbagai bantuan.

“Hal ini harus cepat dilakukan guna membantu petani yang terdampak banjir tersebut. Sesuai arahan menteri pertanian dalam menjaga dan meningkatkan produksi pangan, permasalahan di lapangan harus cepat diselesaikan. Masalah pangan adalah tugas negara,” katanya di Jakarta, Sabtu (1/8).

Ads Air Haji

Kesempatan yang sama, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Edy Purnawan mengatakan pihaknya langsung koordinasi dengan Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) untuk memastikan data puso dan dengan Dinas Pertanian Provinsi Sulut maupun Dinas Pertanian Kabupaten Bolmong agar segera mengusulkan bantuan benih akibat puso ke Direktorat Jenderal Tanaman Pangan.

“Sesuai arahan bapak Mentan Syahrul Yasin Limpo bahwa Kementan harus responsif dan gerak cepat apabila terjadi permasalahan di lapangan. Apalagi faktor cuaca dan iklim membawa dampak bagi pertanian,” ujar Edy

Terpisah, petugas dari BPTPH sekaligus Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Yohanes Wowor mengatakan, terdapat lima kecamatan yang pertanamannya terdampak banjir.

“Pertanaman padi dan jagung yang terdampak banjir antara lain di Kecamatan Dumoga, Dumoga Timur, Dumoga Tengah, Dumoga Utara, dan Dumoga Barat,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.