Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Giliran BPP Wasur Merauke Menjadi Kostratani

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementa) terus memperkuat Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di seluruh pelosok Indonesia. Kali ini, Balai Penyuluhan Pertanian (BBP) Wasur, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, menyatakan telah bertransformasi menjadi BPP Model Kostratani.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, penguatan Kostratani terus dilakukan karena Kostratani mengawal implementasi program-program utama Kementan.

“Kementan memiliki sejumlah program utama untuk memajukan pertanian. Dan program-program itu dikawal oleh Kostratani. Oleh karena itu, kita ingin Kostratani bisa menjalankan fungsi sebagai pusat data dan informasi, juga pusat pengembangan pertanian, termasuk pusat belajar,” katanya dalam keterangannya, Sabtu (21/8).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, mengungkapkan, bahwa BPP saat ini sedang ditransformasikan menjadi Model BPP Kostratani. Transformasi ini akan dilakukan bertahap hingga tahun 2021.

“Negara kita sangat luas, perlu teknologi informasi (IT) untuk menembus ruang dan waktu. Saat ini jika kita mau maka kita bisa terhubung langsung ke Papua dan Aceh. Makanya BPP harus diperkuat dengan IT dan terhubung dengan Agriculture War Room (AWR) di Kementerian Pertanian,” ujarnya.

Ads Air Haji

Lanjut dia, kegiatan sosialisasi Kostratani di BPP Wasur Distrik Merauke telah dilaksanakan dan penyerahan alat operasional untuk BPP Wasur oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Merauke, Ratna Lauce.

“Diharapkan dengan adanya sarana operasional untuk BPP, maka peran BPP menjadi BPP Model Kostratani dapat dioptimalkan,” jelas Ratna.

Sementara Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke Sudiman mengatakan, memiliki tanggung jawab untuk mendampingi Model BPP Kostratani di BPP Wasur, BPP Semangga dan BPP Tanah Miring di Kabupaten Merauke.

“Apabila terjadi gangguan sinyal dan internet belum stabil di BPP, maka Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan maupun Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke siap membantu untuk mengakses data dari Kantor,” terang Sudiman.

Koordinator BPP Wasur Sunaryo, didukung rekan-rekannya menyatakan siap untuk menjadi BPP Model Kostratani di Kabupaten Merauke.

“Dari sisi ketenagaan BPP Wasur didukung dengan 14 orang penyuluh pertanian berstatus PNS, penyuluh swadaya sebanyak 10 orang, dan 1 orang petugas PHP. Saat ini BPP Wasur telah terkoneksi dengan AWR Kementan untuk melaporkan perkembangan program dan kegiatan utama Kementan 2020,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.