Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Giliran Program YESS Kementan Sambangi Sukabumi

0 6

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) terus gerak cepat melakukan sosialisasi program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS). Setelah Cianjur, Tasikmalaya, dan Subang, kini giliran di Sukabumi.

Progaram YESS kali ini hadir di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Nagrek, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat (14/8).

Program YESS adalah salah satu terobosan yang dilakukan Kementan bersama IFAD untuk percepatan regenerasi petani. Program ini dijalankan untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian dan menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

Ads Air Haji

“Perkembangan pertanian khususnya di masa pandemi Covid-19 menunjukkan tren yang sangat baik, ditunjukkan dengan usaha yang tetap beroperasi dan memiliki omzet serta aset yang baik,” kata Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Quail Farm Slamet Wuryadi. Ia menyampaikan budidaya burung puyuh yang dirintis telah menjalin kerjasama dengan supplier mitra dan pemasar. Bisnis burung puyuh, kata dia, setiap bulan omzetnya mencapai Rp 3 miluar.

Dia mengharapkan, BPP Nagrak yang berada di wilayah lokasi sasaran YESS mampu berperan aktif sebagai pusat pembelajaran pengembangan pertanian dan pelayanan masyarakat di wilayah kecamatan. Hal ini sesuai dengan target yang ingin dicapai oleh Kementan dalam lima tahun mendatang, yakni memiliki petani milenial sebanyak 2,5 juta orang.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini generasi milenial yang terjun di sektor pertanian berpeluang memiliki kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. Oleh karena itu sektor pertanian harus memiliki SDM yang profesional, mandiri, berdaya saing, dan jiwa wirausahawan. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.