Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Giliran Tomat Karo Masuk Pasar Malaysia

0 8

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Produk pertanian asal Sumatera Utara (Sumut) kembali diekspor. Kali ini, sebanyak 200 kilogram (kg) tomat asal Kabupaten Karo, Sumut, diekspor ke ngeri Jiran, Malaysia.

“Jenis komoditas ini menambah deret produk pertanian ekspor unggulan asal Sumut,” kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul melalui keterangannya, Jumat (31/7).

Menurutnya, sinergitas yang baik antara pemerintah daerah, pelaku usaha dan petani di Sumut yang memacu kinerja ekspor di wilayah kerjanya.

Masih menurut Hasrul, pembangunan pertanian berbasis kawasan dengan memperhatikan kearifan lokal berorientasi ekspor menjadi salah satu kunci provinsi ini terus menambah ragam komoditas ekspornya.

Ads Air Haji

Selain Kabupaten Tobasa dan Humbahas, kini Kabupaten Karo juga turut disiapkan menjadi salah satu sentra pertanian andalan. Provinsi Sumut sendiri memiliki lahan pertanian seluas 429.751 hektar (ha) untuk komoditas tanaman semusim dan 2141.972 ha untuk komoditas tanaman tahunan.

Sebelumnya, telah hasil pertanian Sumut telah diekspor ke sejumlah negara, seperti ubi jalar, keladi tikus dan kecombrang juga aneka sayuran masing-masing kubis, lobak, labu, kentang dan wortel.

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil turut mengapresiasi munculnya ragam ekspor baru asal Sumut.

“Untuk ekspor, kami siapkan karpet merah tidak hanya cepat namun akseptabilitas produk juga jadi fokus tindakan karantina. Ini sejalan dengan semangat gerakan tiga kali lipat ekspor, Gratieks yang digagas menteri pertanian,” pungkasnya. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.