Portal Berita Online

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Sumringah Produksi Bawang Merah Melimpah

0 10

DELI SERANG, KABARPANGAN.ID – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi senang panen bawang merah di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang, meningkat. Panen di atas lahan seluas 1,5 hektar (ha) itu memproduksi sekitar 40 ton bawang merah.

“Kita sangat senang STM Hulu mampu memproduksi bawang merah dengan kualitas yan baik dan jumlah juga terus meningkat. Semoga mampu memenuhi kebutuhan sendiri, dan bahkan bisa diekspor,” ujarnya usai panen bawang merah bersama warga di Desa Liang Pematang, Minggu (30/8).

Edy Rahmayadi berharap, produksi bawang merah STM Hulu terus meningkat. Diketahui, saat ini Sumut masih defisit bawang merah sebesar 50 persen.

“Kita harus giatkan bawang merah ini. Secara ekonomi ini sangat menjanjikan karena harga bawang merah di Sumut, bahkan di sebagain daerah di Indonesia sangat mahal,” ucapnya.

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut Dahler mengatakan, bawang merah STM Hulu dikenal dengan kualitas yang baik.

“Bawang merah di sini sangat bagus dan besar-besar. Kita akan terus berupaya mengembangkan bekerjasama dengan para petani di sini, sehingga bisa meningkatkan pendapatan mereka,” katanya.

Pembina petani bawang merah di STM Hulu Edy Kaluwak mengatakan, lahan di Kecamatan STM Hulu sangat pas untuk ditanami bawang merah, sehingga menghasilkan bawang merah yang berkualitas.

“Struktur tanah di sini sangat pas. Sebenarnya petani-petani di sini sebelumnya sudah menanam bawang merah, hanya saja tidak di kelola dengan tepat sehingga satu demi satu hilang. Sekarang setelah dilakukan pembinaan, hasilnya terlihat dan petani-petani kita kembali tertarik menanam bawang,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.