Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Guru Besar IPB: Penyuluh Pertanian Harus Kuasai Teknologi

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Saat ini olah lahan tanam pertanian sudah mulai banyak yang beralih menggunakan teknologi terkini. Ini karena lebih efektif, produktivitas meningkat serta berkualitas.

Karenanya, Sekolah Vokasi (SV) IPB University mendorong proses digitalisasi penyuluh pertanian.

Dosen IPB University sekaligus guru besar di bidang penyuluhan pembangunan Terhadap hal ini, Prof Dr Sumardjo menyampaikan, skill yang harus dikuasai para penyuluh pertanian di era new normal adalah penguasaan media dan teknologi hingga kemampuan komunikasi yang efektif.

“Tantangan para penyuluh di era digital ini yaitu harus adaptif, timbal balik terhadap informasi dan memanfaatkannya untuk kegiatan penyuluhan serta mengenalkan pemanfaatan trik kepada para petani,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (21/8).

Ads Air Haji

Penyuluh pertanian sekaligus blogger Evrina Budiastuti SP berpandangan, ada empat aspek dalam upaya improvisasi sistem informasi digital sebagai pendukung penyuluh pertanian. Keempatnya adalah media sosial, teleconference, vlog dan juga blog.

“Saya melihat Cyber Extension ini seperti balai penyuluhan digital. Cyber Extension merupakan mimbar pertanian untuk penyampaian materi dan informasi membantu fasilitas pelaku penyuluhan,” katanya.

Alumni muda IPB University yang merupakan Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian, Sandi Octa Susila berpesan kepada anak-anak muda agar dapat berpikir jauh lebih cepat dalam menjawab tantangan perkembangan zaman.

“Digitalisasi sangat memungkinkan kita aplikasikan di lapangan, namun tidak bisa dilakukan hanya bersama petani tetap harus ada keterlibatan milenial farmer,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.