Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Hanjale, Sumber Pangan dari Lahan Rawa

0 15

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Tanaman hanjale, salah satu kelompok tanaman serealia yang sangat potensial dikembangkan sebagai alternatif sumber pangan.

Tanaman ini menyebar di dataran tinggi, lahan tadah hujan, maupun di rawa. Di pegunungan Meratus, Suku Dayak membudidayakan tanaman ini sebagai bahan pangan.

Sementara di lahan rawa surut sulfat masam, tanaman ini berada di Desa Terantang, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Ads Air Haji

“Tanaman hanjale di daerah tersebut tumbuh dengan baik. Demikian juga di lahan rawa pasang surut Kecamatan Tanah Hitam, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimanan Barat,” seperti dikutip dari laman resmi Litbang Kementerian Pertanian, Rabu (22/7).

Di daerah Sumedang, Jawa Barat, makanan ini dijadikan bubur yang memiliki cita rasa yang sangat enak di mana biji hanjale digiling kemudian menjadi tepung dan dimasak menjadi bubur.

Keistimewaan tanaman ini tergolong tidak memerlukan perawatan yang khusus, yakni cukup adaptif dengan lingkungan tempat tumbuhnya, dan juga tidak terlalu banyak hama dan penyakit.

Makanan ini mengandung karbohidrat 76,4 persen, protein 14,1 persen, dan energi 1.506 kalori. Selain itu, kaya kalsium dan juga niacin. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.