Portal Berita Online

Harga Daging Sapi Mahal, DPR Ingatkan Mentan Bakal Kena Bully Lagi

0 24

Jakarta, Kabarpangan.id – Komisi IV DPR mengingatkan Kementerian Pertanian (Kementan) agar mulai mencari cara dan terobosan dalam upaya peningkatan produksi sapi dalam negeri. Peringatan itu dilayangkan seiring adanya persoalan harga daging yang naik saat ini.

Ketua Komisi IV DPR, Sudin, mengatakan, rata-rata harga daging sapi tahun ini bisa lebih tinggi dari tahun lalu. Pasalnya, terdapat persoalan pada pasokan sapi bakalan impor dari negara produsen seperti Australia.

“Saya yakin 2021 daging sapi tetap lebih mahal karena hari ini mereka tahan stok, lalu dijual ke Vietnam dari Australia. Dari Vietnam dipotong dibawa ke China,” kata Sudin dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR, Senin (25/1/2021).

Sudin mengatakan, persoalan stok dari Australia yang membuat mahal menurutnya berawal dari kejadian kebakaran tahun 2019 lalu. Lalu ditambah bencana banjir pada 2020. Itu membuat para pengusaha peternakan sapi di Australia tengah menanggung kerugian yang besar.

“Maka, Pak Mentan (Syahrul Yasin Limpo) siap-siap saja nanti kalau tidak ada solusi akan di-bully lagi masalah daging,” kata Sudin menambahkan.

Menurutnya, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan memiliki alokasi anggaran yang cukup besar setiap tahunnya. Namun, pengembangan sapi lokal cenderung jalan di tempat sehingga sulit melepaskan Indonesia dari impor.

“Kami juga akan mengundang Bulog, termasuk RNI dan Berdikari agar bisa dijelaskan berapa stok daging yang dimiliki sekarang,” ujarnya. (mh)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.