Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Harga Kedelai Impor Mahal, Ini Keunggulannya

0 7

Jakarta, Kabarpangan.id – Kedelai impor dan kedelai impor memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Dengan memiliki ukuran yang lebih seragam, kedelai impor sangat pas untuk memproduksi tempe.

Ketua Puskopti DKI Jakarta H. Sutaryo mengatakan, memproduksi tempe memang memerlukan ukuran kacang yang sama.

Selain itu, kedelai impor dinilai lebih bersih dibandingkan dengan yang dijual petani lokal. “Bagus (kedelai) impor, lebih bersih,” kata dia.

Sementara itu, kedelai produksi dalam negeri dinilai memiliki ukuran kacang yang beragam. Sehingga kedelai yang di tanam petani lokal di Indonesia lebih cocok untuk memproduksi tahu.

Ads Air Haji

Sebab, dalam produksi tahu hanya membutuhkan sari pati dari kedelai. “Kedelai lokal ini diambil acinya (sari pati) saja kan, ini lebih cocok buat tahu,” ungkap dia.

Sebagai informasi, di awal tahun 2021 para pengrajin tahu dan tempe melakukan aksi mogok produksi. Hal ini dipicu tingginya harga kedelai impor seiring dengan naiknya harga komoditas secara global.

Untuk itu, pemerintah merespons dengan memperkuat produksi kedelai di dalam negeri. Diharapkan produksi dalam negeri ini bisa membantu ketersediaan pasokan kedelai 6 bulan mendatang.

“Nanti akan ada hasil produksi kacang kedelai dalam 6 bulan ke depan,” kata dia.

Sutaryo mengatakan saat ini pemerintah sedang mempersiapkan diri untuk melakukan ekspansi produksi kacang kedelai. Mulai dari persiapan bibit, lahan dan mendorong petani untuk menanam kedelai. (mh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.