Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Harga Telur Ayam Melonjak, Ini Penjelasan Kemendag

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) angkat suara terkait harga telur ayam menjelang Hari Raya Idul Adha mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir ini.

Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan ada beberapa hal penyebab harga telur ayam ras naik.

Di antaranya, akibat afkir ayam petelur (ayam petelur tidak produktif lagi) pada pada bulan Juni lalu. Kemudian, adanya peningkatan permintaan telur untuk bantuan sosial Covid-19.

Ads Air Haji

“Dari informasi peternak layer mandiri, harga telur ayam ras naik karena akibat afkir yang dilakukan pada Juni 2020. Dampaknya, terjadi pengurangan produksi telur ayam ras sampai sekarang,” katanya, Senin (27/7).

“Juga dipengaruhi permintaan telur untuk bantuan Covid-19,” tambahnya.
Informasi terbaru, kata dia, penyaluran telur ayam ras untuk bantuan sosial di beberapa daerah telah dihentikan. Hal itu tercermin pada harga telur ditingkat peternak saat ini yang berada di angka Rp 21.900 per kilogram.

“Jadi, diperkirakan harga dan pasokan telur ayam ras akan terus terkoreksi dan akan kembali normal dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Adapun upaya yang dilakukan Kemendag untuk mempercepat harga telur ayam kembali stabil, yakni bekerjasama dengan asosiasi peternak telur ayam akan melakukan operasi pasar mandiri. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.